Wednesday, January 04, 2012

Saudara Sepersusuan

Dear Kakak Raka (9w4d)


Mulai minggu lalu,kamu punya saudara sepersusuan namanya Fatima (lupa nama lengkapnya), karena dia lbh tua beberapa bulan dari kamu jadi panggilnya Kakak Fatima. Kalian pernah bertemu kok pas usia kamu baru beberapa hari,dia nengok kamu ke rumah. Dulu pas kamu masih dalam perut Ibuk, Ibuk juga negok Kakak Fatima yang baru lahir.


Yup, Kakak Fatima merupakan anak dari sahabat Ibuk sejak SMU, namanya tante Farhana, panggilannya tante Hana..kami sama-sama melewati masa-masa SMU bersama dengan berbagai kebandelan kami..hihi, makanya kami sangat dekat sekali..


Nah,sekarang anak-anaknya jadi sodaraan juga dech..SAUDARA SEPERSUSUAN (hiks,padahal dulu sempet becandaan antara Ibuk dan tante Hana "Bagaimana klo kita besanan aza")


Kenapa disebut saudara sepersusuan, karena air susu Ibuk diminum juga oleh Kakak Fatima. Ceritanya,Kakak Fatima dibilang oleh dokter anaknya berat badannya kurang untuk seumuran dia (pada saat ini umur 5 bulan dengan BB 5,9 Kg) karena kurang minum ASI kata dokternya, sedangkan ASI nya tante Hana setelah mulai bekerja cukup menurun, ga sebanyak pas awal-awal menyusui. Makanya supaya Kakak Fatima naek berat badannya, akhirnya tante Hana minta stok ASI perah yang sudah Ibuk kumpulkan buat persediaan nanti klo Ibuk udah kembali bekerja.


Walhasil,kurang lebih 60 botol ASIP Ibuk berikan buat Kakak Fatima (secara stock ASIP buat kamu udah kebanyakan yang Ibuk stock,pe 2 freezer dach ga cukup..so lebih baik di donorkan aza), kebetulan yang butuh adalah tante Hana, ya sudah Ibuk langsung berikan saja. Karena udah jelas juga siapa yang akan meminumnya, sehingga suatu saat klo kalian udah gede..kalian tahu klo kalian adalah saudara sepersusuan dan tidak boleh menikah.


Yak, karena kalian perempuan dan laki-laki yang meminum ASI yang sama, maka nantinya tidak boleh menikah.Coba kamu baca mengenai Pengertian Saudara Sepersusuan http://bit.ly/x87tkD dan larangan menikah di http://bit.ly/wHChK2i

Sebenarnya Ibuk masih bertanya-tanya sich, karena Kakak Fatima minum air susu Ibuk tidak secara langung (mimik k payudara) tapi dalam bentuk ASI perah (coba baca ini http://bit.ly/zjpxRU dan  http://bit.ly/vpNejW ).tapi menurut Ibuk sich,tetep aza itu air susu yang diminum dan akan menjadi darah daging..

Ibuk juga sempet ragu sich mengenai masalah donor ASIP ini, sebelumnya Ibuk mau mendonorkan kelebihan ASIP Ibuk ke temen2 Ibuk yang anaknya sama2 laki-laki (tp tetep aza klo suatu saat mereka nambah anak lagi dan ada anak perempuan, tetep namanya saudara sepersusuan juga), kebetulan ada bbrp temen Ibuk yang anaknya laki-laki dan kekurangan ASI,ketika Ibuk menawarkan untuk mendonorkan ASIP Ibuk ternyata suaminya tidak mau (ya sudah tidak jadi)..mau donor k tempat umum (kayak ke anggota milis) malah lebih ga jelas lagi siapa penerima ASIP nya.

Dengan pertimbangan bahwa nanti penerima donor ASIP harus jelas asal usulnya dan riwayatnya kelak, jadi ketika tante Hana minta ASIP Ibuk buat Kakak Fatima..Ibuk langsung Ok,toh memang membantu dan bermanfaat juga. Setidaknya Ibuk kenal banget dengan tante Hana dan keluarganya serta nanti masih bisa ditelusuri keturunannya..dan yang paling penting dari awal karena kalian beda jenis kelamin sudah dikasih tahu klo Saudara Sepersusuan tidak boleh menikah.

Walaupun masih agak bingung dengan beberapa pendapat. Insya Allah, langkah yang Ibuk ambil sudah benar.mudah2an selanjutnya kalian akan dapat bimbingan dari-Nya.amien



Ini foto kalian berdua..pas kamu msih kecil (sekarang berat badan kamu udah ngalahin Kakak Fatima aza)







No comments:

Post a Comment